Berhenti Merokok dengan Cara EDAN!

Pada artikel sebelumnya saya membahas tentang Efek Pseudo Merokok (klik), dan ada kawan yang menanyakan tentang cara mengatasi kebiasaan merokok jika sedang berada diluar rumah.

Bisa ya?
Kalau kawan yakin tidak, maka tidak bisa,
Tapi jika yakin Bisa, Pasti Bisa 😉

Setiap perokok pasti mempunyai pola yang ‘merangsang’ untuk mereka melakukan aktivitas merokok. Nah, cara EDAN kali ini akan membantu untuk merusak pola tersebut.

Sebelum masuk ke bahasan teknis, alangkah baiknya jika saya jelaskan dahulu apa itu ‘pola’. Pernah mendengar musik? Apa yang akan ‘otomatis’ anda lakukan? Mengangguk²an kepala, ikutan bersenandung, menggerak²an tangan atau kaki, dll. Itulah yang disebut pola, dimana kita akan melakukan sesuatu jika telah terjadi sesuatu.

Begitu juga dengan merokok, setiap orang punya pola yang sama dan juga berbeda. Salah satu contoh adalah Sehabis Makan dan Nongkrong dengan Teman². Pola ini banyak mendominasi para perokok untuk terus merokok dan (katanya) sulit dicegah.
Coba perhatikan, Sulit dicegah berarti masih ada celah untuk Bisa dicegah.

Ini adalah pengalaman dari pasien guru saya. Saat konsultasi dia bilang: ‘saya punya pola, saat sehabis makan bareng teman² di kantin, dan teman saya menyodorkan rokoknya tangan saya secara otomatis mengambil rokok itu dan merokoknya’.
Apa yang dilakukankan oleh guru saya?
Diajaknya si pasien tersebut ke Restoran dan makan bersama. Setelah makan disodorin rokok, dan pasien mengambilnya. Untuk kemudian disuruh BANTING ROKOKNYA dan DINJAK² sambil MENCAK² bak Pendekar. Disuruh TEREAK juga: *dengan nada tinggi dan keras ‘SAYA BERHENTI! SAYA BERHENTI! SAYA BERHENTIIIIIIIIII!‘.
Disaat pengunjung restoran lain pada kaget, dan memandangi serta menganggap orang gila.
Dia tereak lagi: ‘POKOKNYA SAYA SUDAH BERHENTI! KALIAN SAKSINYA!! YES! YES! YES!‘. Dilakukannya hal itu dengan Penuh Semangat dan Penuh Expresi.
Wow, apa yang terjadi? Rusak sudah pola merokok si pasien. Dan untuk selanjutnya saat pasien ingin merokok pasti ingat kejadian EDAN tersebut dan ‘cengar-cengir’ tertawa geli :D. Alhamdulillah, setelah therapy itu, sudah bertahun² si pasien masih terus Total Berhenti.

Saya sendiri untuk merusak pola cukup dengan mengingat ‘ada anak dan istri saya di rumah’. Jadi akan saya kaitkan dengan pola ‘jika saya merokok, maka anak dan istri saya di rumah sedang disiksa oleh asap rokok tetangga saya’. Aarrgghh! saya tidak mau itu.

Yup,
Pengalaman diatas dapat kawan modifikasi sesuai pola yang kawan alami. Lakukan seKreatif dan seExtreem mungkin, sehingga bisa benar² merusak pola sebelumnya.

Semoga Bermanfaat dan Selamat Hidup Sehat.

_____________
Guru yang saya maksud diatas adalah Bapak Tung DW, terima kasih Pak. Berkat Bapak saya bisa berbagi manfaat dengan kawan² yang ingin hidup lebih sehat dan lebih baik.

40 Responses so far »

  1. 1

    catatanrodes said,

    wah, usul bagus.. walau agak edan..
    nice post!!

  2. 3

    abughalib said,

    sebelumnya saya pernah dengar cerita pak Tung melalui radio tentang hal ini, tapi wkt itu tidak diceritakan secara detil caranya. luar biasa triknya.

    cerita dari teman saya, dia berhenti merokok karena malu saat di depan mertua anaknya minta netek ke ibunya, namun setelah disodori Si Anak malah enggan dan berkata “Tjuiii…!!! Ambu okok…!???” (ambu okok = bau rokok)

    hehehe, salam kenal

  3. 5

    Yeah, menjadi orang pandai untuk diri sendiri itu memang harus dilakukan, berpandai2lah untuk mengatasi kesulitan berhentti merokok dengan kreatif….

  4. 7

    Asop said,

    Mari berhenti merokok!! ^_^

    Saya aja udah sadar merokok itu ga enak… 😦

  5. 9

    ImUmPh said,

    Wow… mank ekstreem banget klo sambil mencak2… akakak
    Cara yg Lebih ekstreem kayaklnya bakal lebih ampuh yach mas..

  6. 11

    irsad said,

    kunjungan balikk yaa, mari berkawan

  7. 13

    RyZack said,

    Alhamdulilah saya tidak merokok, namun Paman saya pernah bilang bahwa ia ingin berhenti merokok, tapi sulit.. Nah, mungkin cara ini bisa saya gunakan untuk membantunya, hehe 😀

  8. 15

    temen saya juga gitu bung
    bukannya berhenti malah semkin ketagihan merokok
    amppun deje

    saya jadi sungkan buat negor

  9. 17

    Mbah Jiwo said,

    betul edan, efeknya kita akan diduga edan sama urang. tapi pasti efek kejutnya bagus, sama kayak teori motivasi diri, sambil ada lompat2 dll.

    mngenai pola, bahasa Islamnya AKHLAQ. perilaku standar yg kita lakukan secara spontan sebagai reaksi atas suatu peristiwa atau perilaku lainnya.

    salam hangat…

  10. 19

    Marimo-head said,

    edan memang haha….
    klo saya karena ayah saya , beliau menderita paru-parunya akibat menjadi perokok pasif, dan bawaan dari kakek jadinya beliau tidak merokok sama sekali dan untungnya penyakit bawaan pau-paru tidak menyerang saya dan keluarga….

    ayah saya membuat “sehat” keluarganya, semoga anak saya pun melakukan hal yang sama :mrgreen:

    btw nice blog ,salam kenal 😀

  11. 21

    Usup Supriyadi said,

    😆 😆 😆

    mantap gan, top markotop….

    semoga para perokok mencoba metode edan ini :mrgreen:

  12. 23

    cantigi said,

    nah ini dia… msh susah sy mah.. hiks

  13. 25

    sedjatee said,

    salam kenal Om.. blog yang bernuansa rokok ya…
    hehehe… saya dari negeri penuh rokok: temanggung…
    tapi lumayan, hari gini gak ngrokok lagi… hehehe…
    dah kapok katanya, hehehe…
    nice blog, Om… salam sukses, Om…

    sedj
    http://sedjatee..wordpress.com

  14. 27

    cempaka said,

    wahaha,,,, uedaann tenan rek 🙂

    kunjungan perdanan nich….salam knl pak 🙂

  15. 29

    bannyi said,

    gimana kalo pabriknya yang ditutup dulu…dijaminlah kaga ada yang merokok lagi tuh…hehehehe….

  16. 31

    Rani said,

    wakakakakka,,,edan masa disuru teriak juga kalo injek2 doank sih masi bisa ini teriak,.tapi bagus gan..infonya bermanfaat 😀

  17. 32

    aLe said,

    @rani: Biar jebol pertahananya,
    Kalau cuma injek² efek trauma kurang dramatis 😀
    Jadi perlu tereak² sekalian..

  18. 33

    sedjatee said,

    Sahabat Sejati…
    Telah ada 83 komentar pada Kuis Sahabat Sejati, termasuk darimu…
    Terima kasih atas partisipasinya, Sahabat Sejati
    Semata itu semua untuk menjalin persahabatan antara kita
    Semoga berkenan untuk selalu menjadi Sahabat Sejati
    Salam sukses dan terima kasih…

    sedjatee
    http://sedjatee.wordpress.com

  19. 35

    SEFT said,

    nih ada cara edan juga coba gunakan tehnik SEFT kunjungi di blog kami bukuseft.wordpress.com

  20. 37

    kangmas ian said,

    buahah bener2 edan..paling diusir apalgi sambil gebrak2 meja wakakk

  21. 39

    Hairullah said,

    Permisi… Numpang link ya
    ulah55.wordpress.com/2009/11/09/tips-tips-cara-menghilangkan-kebiasaan-merokok.html
    :mrgreen:


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment